alat musik ritmis modern

Beberapa Alat Musik Ritmis Dari Tradisional Hingga Modern

Alat musik diketahui warga sebagai pengiring lagu dan menciptakan nada. Buat menghasilkan musik memerlukan alat musik menciptakan nada dan irama. Cara memainkan alat musik berbeda tergantung jenisnya, misalnya gitar dipetik, biola digesek, dan suling ditiup. Terdapat sebagian tipe alat musik salah satunya alat musik ritmis modern.

Nah, apa sesungguhnya alat musik ritmis itu, dan semacam apa wujudnya, baik yang tradisional maupun modern? Ikuti pembahasan dibawah ini.

Baca juga Daftar Alat Musik Harmonis!

Alat Musik Ritmis

Musik menciptakan alunan nada-nada yang didengar kuping. Nada-nada ini timbul dari alat musik. Namun terdapat juga alat musik ritmis adalah alat musik yang tidak bernada, namun menciptakan tipe irama. Alat musik ritmis cuma mempunyai satu nada namun dipakai buat mengendalikan tempo lagu. Cara memakai alat musik ritmis ini dapat dimainkan dengan cara dipukul.

Contoh alat musik ritmis tradisional merupakan drum. Sebaliknya alat musik ritmis modern merupakan drum. Alat musik ritmis ini dapat dimainkan dengan cara dipukul, digoyangkan, dan digesek. Walaupun tidak bernada, alat musik ini menciptakan alterasi bunyi. Contohnya gendang yang dipukul dapat bersuara berbeda saat dipukul keras dan lembut.

Contoh Alat Musik Ritmis

Pada dasarnya alat musik ritmis digunakan buat menghasilkan irama dalam lagu dan pertunjukan musik. Terdapat bermacam guna alat musik ritmis ialah mengiringi lagu, penentu bagian dalam komposisi lagu, memenuhi bunyi instrumen, memastikan tempo, dan yang lain. Di Indonesia, alat musik ritmis terdiri dari bermacam berbagai tipe. Wujud alat musik ritmis simpel sebab tidak banyak tombol yang dipakai buat mengendalikan nada. Berikut contoh alat musik ritmis tradisional dan modern.

Alat Musik Ritmis Tradisional

Tifa

Wujud tifa merupakan silinder dimana bagian ujung dilapisi kulit fauna. Sebaliknya bagian tengah dibiarkan kosong. Kulit fauna kering yang dipakai merupakan kulit rusa, kambing, dan kerbau. Sebaliknya kayu buat pegangan memakai kayu spesial yang diambil dari hutan. Cara memainkan alat musik tifa dapat ditabuh ataupun dipukul.

Gong

Gong merupakan alat musik ritmis yang dipukul buat menciptakan suara. Dimensi gong dapat menciptakan suara yang berbeda. Gong dibuat dari tembaga berdimensi bundaran besar. Biasanya gong dipakai buat prosesi upacara ataupun ritual adat. Terus menjadi besar dimensi gong hingga terus menjadi panjang bunyi yang dihasilkan.

Saron

Saron tercantum macam alat musik gamelan. Alat ini dimainkan dengan cara dipukul memakai alat semacam palu. Alat musik ritmis ini terdiri dari 7 batang perunggu yang dipasang di atas bingkai kayu resonansi. Cara memainkan saron ialah dipukul memakai bilah-bilah logam.

Gendang

Gendang masuk dalam set gamelan di wilayah Jawa dan Bali. Alat musik ini berupa semacam tabung, sebaliknya kedua sisinya ditutup oleh membran kulit fauna. Cara memainkan gendang dipukul dengan tangan ataupun mengenakan tongkat. Penabuh gendang memangku kendang secara horizontal. Setelah itu penabuh memukul kedua sisi gendang.

Bonang

Alat musik bonang dimainkan dengan cara dipukul. Alat musik ini dipakai buat pertunjukan musik di Jawa, Bali, dan Sunda. Untuk menciptakan suara dibuat dari bahan logam semacam besi, perunggu, dan kuningan.

Rebana

Alat musik tradisional yang banyak dipakai merupakan rebana. Alat musik ini berupa gendang dengan diameter kurang dari 10 inci dan tingginya 7 centimeter. Rebana dimainkan dengan cara dipukul. Bunyi rebana berasal dari kulit fauna kambing yang ditepuk langsung. Biasanya rebana dipakai buat mengiringi musik bernuansa Islami.

Alat Musik Ritmis Modern

Drum

Drum dimainkan dengan cara dipukul. Bagian luar drum dibuat dari plastik sintetis. Terdapat bermacam tipe drum cocok dimensi dan wujud. Tipe drum antara lain bass, tom-tom, cymbal, snare, dan yang lain. Cara memainkan drum dapat dipukul di bagian permukaan memakai tongkat( stik) kayu.

Triangle

Triangle merupakan alat musik ritmis berupa segitiga. Alat musik ini dibuat dari logam yang ditempa membentuk segitiga. Sebagian triangle terbuat dengan sisi terputus di bagian dasar. Cara memainkan triangle dipukul memakai stick spesial dari logam. Orang-orang Eropa era dahulu mengenakan triangle buat pertunjukan orkestra.

Tamborin

Tamborin berupa bundar menyamai bingkai. Bagian pinggirannya ada lubang kecil berisi logam. Tamborin dibuat dari bahan kayu ataupun plastik. Cara memainkan tamborin dipukul maupun digoyangkan, biar lempengan logam silih bertumbukan.

Cajon

Cajon merupakan alat musik kotak yang dibuat dari kayu triplek. Bagian balik cajon ada lubang. Cajon digunakan sebagai pengganti drum. Biasanya pemain musik memakai cajon buat mengiringi nyanyian akustik. Cara memakai cajon ini dipukul di bagian depan memakai tangan.

Jimbe

Wujud jimbe nyaris mirip semacam gendang ataupun cangkir. Bagian dalam jimbe terencana terbuat kosong buat menciptakan suara. Bahan utama membuat jimbe merupakan kayu yang dipahat memakai mesin. Setelah itu bagian atasnya diberi kulit fauna ataupun kulit sintetis. Jimbe dipukul buat menciptakan suara. alat musik jimbe dimainkan orang-orang Mali di Afrika.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *